Kamis, 18 November 2010

Pakai Produk Lokal, Direksi BUMN Bakal Dapat Skor Tambahan

Jakarta - Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana memasukan indikator penggunaan barang dalam negeri dalam kegiatan operasional plat merah pada key performance indicator jajaran direksi.

Menurut Menteri Negara BUMN Mustafa Abubakar, hal ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan pemakaian barang produksi dalam negeri dan menggerakan sektor riil.

"Nanti kita berikan guidance kepada mereka (direksi BUMN) ada satu indikator baru. Semakin banyak menggunakan produk dalam negeri, makin mendapat skor lebih tinggi," ujarnya di Hotel Mulia, Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta, Selasa (15/12/2009).

Ia mengatakan, saat ini sudah banyak perusahaan plat merah yang memakai produk dalam negeri dalam kegiatan operasionalnya. Dengan adanya indikator baru ini, diharapkan penggunaannya akan maksimal.

Mustafa menambahkan, penggunaan produk dalam negeri salah satunya bisa terlihat dalam program revitalisasi pabrik gula.

"Itu sudah kita putuskan dengan Menperin, kita bertekad semaksimal mungkin, yang bisa tersedia di dalam negeri diutamakan. Yang tidak bisa digunakan dari dalam negeri kita usahakan dari luar," imbuhnya.

Menurutnya, penggunaan barang dalam negeri ini tidak hanya berlaku di satu sektor, tetapi di sektor industri lain seperti sektor pangan, perdagangan, sektor industri dasar dan sebagainya.

(ang/qom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar