Selasa, 07 Desember 2010

Industri Alutsista Dalam Negeri Dioptimalkan

Jakarta: Selama ini kebanyakan alat utama sistem persenjataan (alutsista) Indonesia diimpor dari luar. Belakangan putra bangsa mampu memproduksi sendiri. Karenanya diharapkan penggunaan alutsista buatan dalam negeri semakin optimal.

Diakui Yung Yunardi, produsen alutsista, industri persenjataan berkembang di Indonesia. Sejumlah perusahaan dalam negeri memproduksi alat tempur demi kepentingan pertahanan. Menurut Yung, itu terlihat dari banyak produsen yang ikut serta dalam Pameran Indodefence 2010 di Jakarta.

Kendaraan amfibi dan perahu antipeluru diproduksi di Indonesia. Jenis kendaraan itu dibuat dari minimal 80 persen bahan baku asal Tanah Air. Lalu, seratus persen pengerjaannya pun dilakukan di Indonesia.

Untuk jangka panjang, alutsista akan diekspor. Itu dilakukan setelah militer Indonesia menggunakannya. Tujuannya tak lain supaya Bangsa Indonesia lebih dulu memeroleh manfaat produk persenjataan tersebut.

Sebelumnya Kementerian Pertahanan merogoh kocek sebesar Rp6,4 triliun untuk membeli alutsista. Pendanaan berasal dari anggaran pemerintah 2010 senilai total Rp42 triliun.Metrotvnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar